Jumat, 14 Agustus 2009

 

Wahai Perokok Ada Unek-unek Buat Anda

Berawal dari keprihatinan diri terhadap orang yang sembarangan membuang putung rokok. Mungkin Anda yang merasa dirinya perokok awalnya akan penasaran atau sedikit agak kesal atau apalah membaca dari judul tulisan saya ini, eittt tunggu dulu jangan marah yach senyum dulu dunk nah gitu khan manis ^_^. Baca dulu dengan tuntas tulisan saya, ini penting bagi saya sebagai pesan dan unek-unek saya kepada Anda yang merokok, untuk yang tidak merokok boleh juga kok ikutan baca.

Saya adalah termasuk orang yang benci dengan asap rokok jadi siap-siap saja apabila Anda menyalakan rokok dihadapan saya, Anda akan mendapati saya pergi berlalu dari Anda atau saya akan menutupi hidung saya dengan raut muka tidak suka (sebenarnya saya ingin sekali tiap ada yang merokok saya bilang ke mereka "tolong jangan merokok ditempat umum karena itu termasuk mengganggu kenyamanan orang lain (termasuk kenyamanan saya huh sebel #.#)", hi tapi apa daya nyali tak sampai, berani sich berani cuman rikuh ajach). Ada sebuah cerita, beberapa hari yang lalu saat saya dan teman-teman berada di kampus sedang menunggu tugas yang diberikan oleh dosen, kami duduk di lobby kampus kemudian datanglah seorang laki-laki yang juga teman kuliah cuman saya tidak mengenalnya. Dia berdiri dihadapan kami dengan teman-temannya yang laen kemudian dia menyalakan rokok, wuihhh asap rokoknya membuat saya sesak susah bernafas, kemudian saya tutup hidung saya dengan jaket dan pasang wajah tak suka (tidak tahu lah wajah saya sudah berlipat jadi berapa he lebay). Beberapa lama kemudian dia tiba-tiba mematikan api rokok tersebut dan membuanganya sambil berkata pada saya “mbak maaf ya, nih rokoknya dah aku matikan”, dengan mengulurkan senyum dibibirnya sambil seolah-olah merasa bersalah pada saya, aku spontan terkejut tidak menduga ternyata dia sadar juga kalau saya terganggu dengan asap rokoknya (ya iyalah sadar masak pingsan he). Alhamdulillah, dia mau mengalah dan mematikan rokoknya, kalau tidak saya yang bakalan bener-bener pergi (padahal sudah PW alias posisi wuenak hi). 

Terkadang orang tidak sadar bahwa perilaku/sikapnya membuat orang lain tidak nyaman atau terganggu atau malah membahayakan orang lain. Saya yakin orang yang merokok itu tahu bahaya merokok, la wong diiklan rokok atau dibungkus rokok juga dicantumkan apa thu bahaya merokok. Tapi kenapa ya dah tahu bahaya masih juga dilakukan (herman dech ehhh heran dech). Maaf yach bagi perokok, disini saya tidak mau membeberkan tentang bahaya merokok karena pasti Anda telah tahu tentang bahayanya. Disini yang ingin saya angkat adalah bahwa “berbuat baiklah di lingkungan sekitar Anda dengan rokok Anda”. Apa maksudnya nih??? mungkin inilah pertanyaan yg ada di benak Anda (kalau tidak bertanya-tanya berarti Anda tidak sepenuh hati membaca tulisan saya hehehe peace ^^). Yup, berbuat baiklah di lingkungan sekitar Anda dengan rokok Anda, maksudnya adalah dimanapun Anda berada dengan rokok Anda berpikirlah seribu kali kalau masih juga kurang maka berpikirlah berjuta juta kali ketika Anda menyalakan rokok dan menghisapnya. Yang pertama, lihatlah sekeliling Anda ketika Anda mau merokok, pikirkanlah apakah ketika Anda merokok tidak merugikan orang lain? Kalaupun orang disekeling Anda biasa-biasa saja tidak keberatan dengan kebulan asap rokok yang Anda hisap maka berpikirlah “Barangkali orang disekeliling Anda tersebut sedang memendam rasa tak nyamannya terhadap asap rokok Anda tapi mereka tak berani mengungkapkan karena merasa tak enak pada Anda” nah lho berarti itu adalah sebuah kedzoliman terhadap orang lain krn Anda membuat mereka tidak nyaman, jadi kalaupun Anda memang ingin segera menghadap Tuhan he alias merokok ya merokoklah untuk diri Anda sendiri jangan ajak-ajak orang lain untuk merasakan kepulan asap rokok yang menyiksa itu. Saya jadi teringat ketika itu saya sedang menjenguk mas sepupu saya yang sedang dirawat di Rumah Sakit, ada tulisan di dinding kamar inap dimana mas saya dirawat (mungkin semua kamar inap di rumah sakit itu pun tertera tulisan seperti itu) yaitu “MATIKAN ROKOK ANDA ATAU ANDA YANG AKAN DIMATIKAN OLEH ROKOK” sippp kata2 yang sederhana tapi dalam maknanya. Yang kedua, ingatlah jangan buang puntung rokok Anda disembarangan tempat, karena hal itu dapat membahayakan, seringkali orang menganggap sepele puntung rokok lalu membuangnya sembarangan semaunya seenaknya tanpa rasa bersalah huh bikin greget dech orang yang seperti itu. Tahukah Anda puntung rokok yang dibuang sembarangan apalagi puntung rokok tersebut dalam keadaan belum benar-benar mati dari api dapat membahayakan salah satunya dapat menyebabkan kebakaran bukan hanya kebakaran kecil bisa jadi menyebabkan kebakaran besar yang dapat membahayakan dan merugikan orang lain atau diri Anda sendiri (tolong pikirkan itu!!!), buanglah putung rokok ditempat yang aman untuk menghindari dari hal-hal yang tidak diinginkan misalnya tong sampah yang terbuat dari seng dan satu hal yang sangat penting pastikan putung rokok yang Anda buang telah benar-benar mati dari api (kalau perlu jangan buang putung rokok telen ajah sekalian putungnya biar bener-bener habis khn sayang kalau dibuang hehehe peace bagi yang merasa dirinya perokok^_^).

Pernahkah Anda memikirkan hal-hal yang seperti itu???, jangan jadikan diri Anda membahayakan orang lain atau membuat orang lain tidak nyaman berada didekat Anda. Bukankah sebaik-baik orang adalah orang yang bermanfaat dan membuat nyaman bagi orang yang ada disekelingnya?. Semoga Anda mau memikirkan hal-hal tersebut, berpikirlah seribu kali kalau masih juga kurang maka berpikirlah berjuta juta kali ketika Anda menyalakan rokok dan menghisapnya. Jangan egois memikirkan kenyamanan Anda sendiri tapi pikirkan juga kenyamanan orang lain dan lingkungan sekitar Anda. Cukup itu pesan dan unek-unek dari saya yang mungkin juga mewakili orang-orang yang sebenarnya mempunyai unek-unek yang sama dengan saya. Emh... saya tidak setuju kalau ada oarng yang menghisap rokok tapi semua kembali pada perokok itu sendiri karena saya bukanlah siapa-siapa saya hanya bisa berdo’a "semoga Anda disadarkan oleh rokok itu sendiri bahwa rokok berbahaya untuk Anda dan lingkungan disekitar Anda". Sayangi hidup Anda dan lingkungan sekitar Anda karena hidup hanya sekali Bro,.



Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]





<< Beranda

This page is powered by Blogger. Isn't yours?

Berlangganan Postingan [Atom]